Reorganisasi KWT MAWAR Sumber Agung dan Pembagian Bibit Hortikultura

KWT (Kelompok Wanita Tani) Mawar Desa Sumber Agung Kecamatan Metro Kibang cenderung pasif beberapa tahun terakhir hal ini disebabkan karena anggota KWT yang terpencar dari beberapa dusun yang ada di desa Sumber Agung maka dari itu kami selaku penyuluh pertanian di BPP Metro Kibang menyarankan untuk reorganisasi anggota yang letaknya berdekatan, sehingga penyebaran informasi serta kekompakan kelompok dapat berlangsung dengan baik. Reorganisasi Kelompok Wanita Tani Mawar berlangsung dengan cara berdiskusi dalam menentukan kepengurusan anggota. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah ibu Manisih selaku ketua KWT Mawar Desa Sumber Agung pada tanggal 11 Juli 2024. Selain KWT Mawar kembali aktif dan lebih produktif dengan memanfaatkan lahan perkarangan di rumah untuk bercocok tanam sayuran. Harapan dari kegiatan ini yaitu mampu mengahasilkan tambahan pendapatan keluarga atau minimal tidak mengeluarkan uang untuk konsumsi pribadi (penyedia pangan keluarga). Kegiatan pertama dari reorganisasi KWT Mawar yaitu merefresh Administrasi kelompok seperti buku kas, buku tamu, buku notulen rapat, dan lain-lain.
Kegiatan berikutnya yaitu pengolahan media tanam untuk lahan perkarangan yang akan di tanami, media tanam berupa campuran tanah, pupuk organik, dan sekam
Kemudian dilakukan proses penanaman bibit sayur berupa kangkung, terung, dan cabai. untuk bibit cabai BPP Metro Kibang bekerja sama dengan pelaku usaha Bapak Eko desa Kibang, yang siap menyediakan bibit cabai kepada anggota KWT 20 bibit/anggota.

Posting Komentar untuk "Reorganisasi KWT MAWAR Sumber Agung dan Pembagian Bibit Hortikultura "